Contoh kumpulan helm

Jenis-Jenis Helm

Bingung untuk memilih jenis-jenis helm mana yang paling sesuai untuk berkendara sepeda motor? Tidak harus bingung sebenarnya, pilih helm bukanlah perkara yang sulit. Ada banyak merk helm terkenal dan memiliki kualitas yang dapat kalian pilih dan yang pasti harus dengan kualitas standart Helm SNI Terbaik.

Helm

Apabila sudah mengerti helm yang akan digunakan untuk berkendara biasa, touring, atau apalagi kegiatan ekstrim seperti motorcross tinggal sesuaikan saja jenis dan merk helmnya. Sebagai acuan, dalm artikel ini sudah ada info lengkap mengenai jenis-jenis helm untuk mempermudah pilih yang mana yang terbaik.

Menentukan merk helm terbaik di Indonesia saat ini bukan perihal mudah. Pasalnya makin lama banyak pilihan yang datang baik dalam negri maupun luar negri. Konsumen wajib jeli dalam memilih jenis-jenis helm terbaik. Helm merupakan perlengkapan yang wajib dikenakan oleh setiap pengendara sepeda motor dan penumpangnya. Hal ini diatur secara tegas dalam Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 mengenai Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Penggunaan Helm Di Indonesia

Dalam pasal 106 ayat 8 menjelaskan bahwa, “Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib mengenakan helm yang mencukupi standar nasional Indonesia.” Jika melanggar maka siap-siap saja untuk terima sanksi dari pihak berwajib. Adapun hukuman bagi pengendara yang melanggar adalah pidana kurungan paling lama satu bulan atau denda maksimal Rp250.000.

Sanksi ini berlaku untuk pengendara maupun penumpangnya. Terlepas dari sanksi yang berlaku, menggunakan helm sudah semestinya bukan lagi karena tuntutan undang-undang. Tapi lebih pada kesadaran akan keselamatan berkendara. Tidak menggunakan helm saat berkendara sepeda motor bisa mengakibatkan luka yang fatal. Oleh karena itu sulit membayangkan potensi cidera yang sering terjadi ketika seseorang mengendarai sepeda motor tanpa menggunakan helm kemudian mengalami kecelakaan.

Contoh Helm Full Face

Lagi pula kini pilihan jenis helm-helm SNI pada pasaran juga terlalu variatif. Bukan hanya mereknya yang beragam, tapi model, desain, dan harganya juga mempunyai banyak pilihan. Jadi menurut logika mestinya tak sulit untuk mempunyai helm yang layak pakai. Sampai saat ini barangkali kalian masih bertanya-tanya, helm seperti apa yang wajib dipilih? Atau apa merk helm terbaik? Anda bisa melihat di Daftar Situs Judi Slot Deposit Pulsa Tanpa Potongan 2021 untuk melihat berbagai jenis-jenis helm SNI terbaik.

Open Face

Tipe helm ini sepertinya kerap kita jumpai pada helm anak-anak. Pada bagian depan mirip sekali tidak ada kaca pelindung, tapi helm penuh pada bagian kanan dan kirinya. Helm open face juga biasanya tidak ada pengait pada bagian bawah agar rentan lepas.

Half Face

Seperti namanya, jenis helm half hanya separuh saja. Tidak ada kaca pengaman, helm tidak sampai samping kanan dan kiri kepala. Bisa terbilang, jenis helm ini tidak kami rekomendasikan untuk kalian dalam berkendara sepeda motor.

Adventure Touring

Helm jenis adventure touring merupakan penggabungan pada helm motocross dengan helm full face. Perbedaan keduanya, ada pada bagian depan ada filter udara. Lalu pada helm ini tidak ada area khusus untuk memasang kacamata tambahan seperti pada helm motocross.

Half Cap

Half cap merupakan jenis helm yang hanya menutupi 1/2 bagian atas kepala. Helm ini dianjurkan untuk Anda yang mengendarai skuter atau motor 125 CC kebawah. Karena tidak menjaga secara menyeluruh, Anda perlu sunglasses untuk merawat mata Anda dari tekanan angin. Maka dari itu, helm half cap tidak sesuai untuk perjalanan jarak jauh. Helm half cap ini mempunyai harga yang tidak mahal daripada jenis helm lainnya. So, helm ini sesuai untuk Anda yang baru mempelajari bagaimana cara untuk naik motor atau yang mengendarai moped atau sepeda listrik. Sebab, helm half cap mempunyai tingkat pertolongan yang rendah. Kami tidak memberi saran Anda menggunakan helm ini kala berkendara dengan kecepatan tinggi.

Full Face

Bagi yang berkendara jarak jauh, helm full face akan lebih sesuai dan aman kala saat menggunakannya. Bagian wajah akan tertutup seluruh agar terhindar dari debu dan kotoran yang barangkali datang. Helm jenis ini juga sangat aman, karena  seluruh bagian wajah terlindungi.